Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft
Office Word adalah perangkat lunak pengolah
kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool
Word untuk Xenix,
versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS
(1983),
Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2,
dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System
2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office
Word.
Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD
dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah.
Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat
membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk
mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD.
- Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak
terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu
default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen
mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I
Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan
terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu
dokumen.
- Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view
berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan
kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen.
Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada
kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk
mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen
terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya :
halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar
Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I
dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis
halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next
Page).
- Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4,
maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section
diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number +
Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak
nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak
ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert
+ header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat
diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu
References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan
tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar
tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka
daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman
pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update
field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis
adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan
dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update
daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat
dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu
View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan
diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Sejarah Singkat Microsoft Word
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan
program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program
Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program
aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri
sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang
sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan
nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar
tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul.
Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil
ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar
ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan
jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup
jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat
untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah
mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan
Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila
ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk
menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara
default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk
mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan
sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada
toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat
ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format
obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text
dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai
jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau
disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke
bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter
ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter
ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris
pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris
pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal
paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal
paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal
kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal
kata berikutnya
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant,
ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar
office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten,
pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office
asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office
Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai
dengan keinginan kita
12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
13. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya

Tidak ada komentar:
Posting Komentar